Minggu, 18 Desember 2011

jadikanklah masalah sebagai sebuah kesempatan untuk tumbuh semakin kuat

mau share cerita nih :D aku dapet dari LKS bahasa indonesia hehehe :D menarik kooo lumayan buat motivasi :D

alkisah pada suatu saat di negeri timur tengah, seorang saudagar dan seorang anak semata wayangnya tengah melakukan perjalanan di sebuah tanah lapang berpasir. iring-iringan barang, orang dan hewan yang panjang itu berjalan perlahan dalam kawalan ketat para pengawal. Bebatuan tampak diletakan teratur di beberapa tempat. Pemandangan ini menarik perhatian sang anak. lalu sang anak berkata

"bapak mengapa tampak olehku bebatuan dengan teratur tersebar di sekitar sini. Apakah gerangan itu semua?"
 

"baik pengamatanmu, anakku. Bagi orang biasa itu hanyalah batu, tetapi bagi mereka yang memiliki hikmat, semua itu akan tampak berbeda"

"Apakah yang akan dilihat oleh kaum cendikia itu pak?"


"dahulu, ketika aku masih belia, hal ini pun menjadi pertanyaan di hatiku dan kakekmu menerangkan perkara yang sama, sama seperti saat ini aku menjelaskan kepadamu. Pandanglah batu-batu itu dengan seksama . Dibalik batu itu ada sebuah kehidupan. Masing masing batu yang tampak olehmu sebenarnya sedang menindih pohon ara"


"tidakkah benih pohon ara itu mati karena tertindih batu sebesar itu pak?"


"tidak anakku, sepintas lalu memang batu itu tampak sebagai beban yang akan mematikan benih pohon ara. Tetapi justru batu besar itulah yang membuat pohon ara itu sanggup bertahan hidup dan berkembang sebesar yang kau lihat di tepi jalan kemarin"


"bilakah hal itu terjadi pak?"


"Batu yang besar itu sengaja diletakkan oleh penanamnya menindih benih pohon ara. Mreka melakukan itu sehingga benih itu tersembunyi terhadap hembusan angin dan dari mata segala hewan. Sampai beberapa waktu kemudian, benih itu berakar, semakin banyak dan semakin kuat. Walau tidak tampak kehidupan di atas permukaannya, tetapi dibawah akarnya terus menjalar. Setelah dirasa cukup barulah tunasnya muncul perlahan. Pohon ara itu akan tumbuh semakin besar dan kuat hingga akhirnya akan sanggup menggulingkan batu itu. Demikianlah pohon ara itu hidup. Dan hampir setiap pohon ara akan kau temui, sebuah batu, seolah menjadi peringatan bahwa batu yang pernah menindih benih pohon ara itu tidak akan membinasakannya. Selanjutnya benih itu menjadi pohon besar yang mampu menaungi segala makhluk yang berlindung dari terik matahari yang membakar"


"apakah itu semua tentang kehidupan pak?"


"benar anakku, jika suatu saat di masa-masa hidupmu kau terhimpit suatu beban yang sangat berat, ingatlah pelajaran tentang pohon ara itu. Segala kesulitan yang menindihmu , sebenarnya merupakan sebuah kesempatan bagimu untuk berakar, semakin kuat, tumbuh dan akhirnya tampil sebagai pemenang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar